Tips

Mudah, Ini 5 Tips Penting Merawat Kaca Film Mobil

Tip cara merawat kaca film mobil yang terkena bercak jamur dan sinar terik matahari

Published

on

Cv Jadi Jaya a Rent Car -- Kaca film adalah bagian mobil yang sangat penting bagi kenyamanan berkendara. Selain bisa menahan panas matahari dari luar, kaca film dengan tingkat kegelapan tertentu juga bisa menjaga privasi orang-orang yang ada di dalam mobil.

Harga kaca film juga gak murah, untuk yang kualitas standar bisa kamu dapatkan mulai 500 ribuan, namun untuk kualitas yang bagus dan bergaransi harganya bisa jutaan rupiah. Tentu kamu gak ingin kaca film yang sudah kamu beli mahal-mahal menjadi rusak, bukan? Biar kaca film kamu awet bisa sampai bertahun-tahun, kamu perlu tahu bagaimana cara merawat kaca film mobil yang bisa kamu baca di bawah ini.

1. Setelah dipasang, biarkan hingga tujuh hari

Setelah kamu memasang kaca film, maka kaca mobil nggak boleh diapa-apakan terlebih dahulu dalam kurun waktu tertentu. Biasanya petugas pemasang kaca film akan menempelkan stiker larangan membuka kaca jendela samping selama 2 x 24 jam. Sebaiknya kamu benar-benar menuruti itu. Karena jika kaca jendela dibuka, maka gesekan yang terjadi bisa mengelupas lem pada kaca film yang belum merekat betul.

Sedangkan untuk kaca depan dan belakang, karena ukurannya yang besar, mereka harus didiamkan dulu hingga 7 hari lamanya agar kaca film bisa menempel maksimal pada kaca. Kamu juga belum boleh membersihkan kaca film selama 7 hari itu agar kaca film nggak bergeser dan rusak, karena biasanya setelah pemasangan kaca film akan ada beberapa bercak-bercak kotor akibat aktivitas pemasangan oleh petugas.

2. Jemur mobil di bawah sinar matahari setelah kaca film dipasang

Kaca film akan lebih cepat menempel dan melekat sempurna jika berada di bawah sinar matahari langsung. Biarkan mobilmu dijemur di bawah sinar matahari dulu untuk beberapa waktu. Menjemur mobil yang baru dipasang kaca film juga akan membantu menghilangkan balon-balon udara yang mungkin muncul akibat dari pemasangan yang belum sempurna.

3. Perhatikan cairan untuk membersihkan kaca film

Setelah kaca film merekat dengan sempurna, barulah kamu bisa membersihkannya dari noda-noda yang ada, namun cairan pembersih yang digunakan bukanlah sembarangan. Kamu bisa membeli cairan khusus untuk membersihkan kaca mobil yang ada di pasaran, namun jika nggak sempat, kamu bisa membersihkan kaca film dengan air hangat yang dicampur sabun lembut. Usap, bilas dan langsung keringkan dengan kain microfiber agar nggak baret.

4. Jangan biarkan kaca film basah

Membuka kaca jendela saat hujan, atau ketumpahan minuman dari dalam bisa membuat kaca film kamu basah. Sebaiknya kamu cepat-cepat mengeringkan kaca film kamu dengan kain lembut. Selain agar air nggak menerobos masuk ke dalam dan mengikis lem, cairan yang lama menempel di kaca film juga bisa menimbulkan bercak dan jamur yang susah hilang lho.

5. Jangan perbaiki sendiri kaca film yang kurang lengket

Jika kamu menemukan celah di kaca film seperti berbentuk gelembung udara kecil-kecil, kamu tak perlu khawatir karena itu akan hilang dengan sendirinya jika terkena panas matahari. Namun jika kamu menemukan ada bagian cukup besar kaca film yang nggak menempel secara sempurna, maka sebaiknya jangan mencoba untuk membetulkannya sendiri.

Lebih baik bawa kembali ke tempat kamu memasang kaca film sebelumnya, biasanya toko akan memberikan garansi jika ada pemasangan yang kurang sempurna dan mereka akan merekatkan kembali kaca film dengan alat khusus.

Nah, itulah lima tips yang bisa kamu lakukan agar kaca film kamu awet dan terawat. Yuk, jangan malas merawat bagian-bagian kecil di mobil kamu ya!  (idntimes)

Trending

Copyright © 2019 www.jadijaya.com . All rights reserved.